Persiapan Sebelum Touring

gambar dari riowinto.wordpress.com

Liburan sudah di depan mata,bagi para penyuka touring pastinya sudah menyusun beberapa rangkaian acara untuk memenuhi hasratnya entah itu bagi yg ikut komunitas club motor yang akan mengagendakan touring bersama maupun Touring munfaridan :-D. namun sebelum itu Sebaiknya siapkan kondisi kendaraan dan juga fisik masing-masing karena waktu perjalanan cukup
panjang. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya makan dulu, minimal perut gak kosong.
Persiapan barang yang harus dipersiapkan untuk individu:

Pakaian yang adem dan nyaman,jangan sampai di atas motor pakaian bikin risih, apalagi gatel-gatel atau bahkan membuat kesemutan. Biasakan memakai celana yg longgar, selain memberikan kenyamanan saat riding juga membantu menghambat rasa capek. kalau memungkinkan riding malam hari, baiknya gunakan body protector yang dipasang di-dada, banyak dijual dipinggir jalan, kalo ngga ada, bisa juga pake lapisan koran beberapa lembar.

Jaket, pakai jaket yang pas badan, jangan yang berkibar-kibar. Hal ini dapat mempengaruhi hambatan
angin yang ditimbulkan, dan mempengaruhi kecepatan
Jas Hujan, pastikan dibawa, kalo bawa boncengers bawa jas hujan dua, jangan yang mengemudi saja, kasian yg belakang ntar basah kuyup 😀 . Sebaiknya pilih jas hujan model terpisah antara baju
dengan celana, jangan yang model ponco. Bisa
dibeli di toko-toko adventurer atau perlengkapan touring Online.
Sarung tangan, yang bagus dari bahan kulit, tapi tidak kaku jadi handling grip-nya masih kerasa.
Sepatu, pilih yang modelnya sangat nyaman dengan kaki kita, jangan kesempitan. Sebaiknya pilih yang
modelnya menutupi mata kaki kita. Kalo gak ada minimal memakai sepatu model kets.
Tas Ransel, taruh barang-barang dalam tas ransel, jangan pake tas travel, karena akan merepotkan biker.
Kacamata hitam, bila perlu, untuk menjaga silau dikala jalan di siang hari.
Helm, piranti keselamatan ini wajib ada dan standar,sebaiknya gunakan yang model full-face, atau setidaknya helm yang dapat menutupi sampai bagian belakang kepala kita untuk meminimalisir kecalakaan fatal.
Surat surat kendaraan, seperti SIM, STNK dan KTP, barangkali ada pemeriksaan di jalan, kalo tidak komplit bisa mengganggu perjalanan kita.
Dana Secukupnya,
Penjaga Dehidrasi, lebih tepatnya vitamin agar stamina tetap terjaga, atau kalau sedang istirahat dijalan cari Es kelapa muda,karena Es kelapa muda mempunyai khasiat alami bisa mengembalikan stamina tubuh disaaat kita kelelahan, alternatif lain membawa Air Putih dalam botol.
Tools motor yang cukup, ini pengalaman Pribadi karena motor saya termasuk sudah Udzur dan mengharuskan saya untuk membawa perlengkapan Toll Kit misal kunci busi obeng min plus dan busi cadangan.

Kesiapan Motor
Untuk kesiapan kendaraan, jangan lupa untuk memastikan bahwa kendaraan yang kita bawa dalam
keadaan sehat atau laik jalan jauh. Yang sebaiknya harus diperiksa:
Olie mesin, cepat ganti apabila sudah lewat batas KM-nya atau batas kekentalannya,apabila sudah hitam dan encer lebih baik diganti.
Minyak Rem.
Kanvas Rem
Cek Kekencangan/kerenggangan rantai motor. karena motor saya sudah molor rantainya maka dalam waktu dekat akan saya ganti 😀
Kopling, kalo selah kopling dirasa sangat berat, coba cek lagi.
Tekanan angin ban,ini mempengaruhi juga dalam konsumsi bensin,apabila kurang angin maka konsumsi bensin lebih boros dari konsumsi standar.
Cek kondisi lampu-lampu kendaraan, terutama lampu depan (head lamp), lampu belakang, lampu sein.
Ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kendaraan/motor langsung ke bengkel kepercayaan, atau beres (bengkel resmi) terdekat dikota anda secara Psikologis akan mempengaruhi mental kita dalam berkendara jauh dengan baik dan tenang lantaran motor dalam kondisi prima.

Demikian semoga berguna dan tetap Responsible Riding n Safety Riding. Hormati sesama pengguna jalan dan bersikap beradab. mohon ditambahi apabila ada yg kurang 😀

selamat Berlibur 😀

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Persiapan Sebelum Touring

  1. Hendro berkata:

    sipppp… info yang berguna

  2. redbike92 berkata:

    wah ternaya kalau mau touring banyak ya persiapan yang harus dilakukan 😀
    o ya tambahan lagi
    peta atau GPS, siapa tahu agak bgg jalan 😀

  3. arianto berkata:

    maaf saya masih sangat baru dalam hal seperti ini. saya tinggal di makassar sulawesi selatan, rencanax liburan panjang nanti mau keliling sulawesi (sampai sulawesi utara) menggunakan motor bersama teman (menggunakan 1 motor). pertanyaan saya, apa ada persuratan (kendaraan) yang harus saya siapkan di kantor polisi ? kl bisa sekalian saran dan tips yang berguna lainnya. makasih

    ar13_kun@yahoo.co.id
    maaf kl bisa jawaban dr pertanyaan saya sekalian dikirim via email> makasih

  4. omanfaqod berkata:

    tidak ada kelengkapan surat khusus jalan tuk kegiatan turing selain STNK dan SIM, apalagi satu motor,kecuali anda ingin bantuan prioritas jalan dengan menggunakan mobil patwal tp saya kira untuk kegiatan turing tidak perlu patwal asalkan tertib dijalan dan prioritaskan safety riding dan responsible riding..itu sudah cukup..dan selalu menikmati perjalanan apapun kondisinya karena dengan begitu maka akan membentuk sugesti dan perjalanan kita menjadi menyenangkan.
    sebelum turing keliling sulawesi cek keseluruhan kondisi motor yg akan anda pakai..cek kondisi rem,kalau sudah mendekati aus segera ganti baru..cek kondisi ban dan rantai. cek keseluruhan mesin demi mendeteksi kerusakan.
    saya kira seperti itu..dan jangan lupa kondisi badan dijaga bila perlu cek kesehatan

  5. Kevin h berkata:

    Sorry bro..saran nih.. Membawa tas ransel ketika touring tidak disarankan karena kita harus buat badan kita senyaman dan se rileks mungkin, saat perjalanan jauh punggung pasti pegel.. Kalo d tambahin tas ransel bisa2 pegelnya jadi 2 kali lipat dan akhirnya ‘ngaret’ deh waktunya..hehhe. Referensi : pengalaman pribadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s