Ganti Kampas Kopling si Semok

Awalnya beberapa hari yg lalu si Semok mengalami masalah kabel koplingnya putus, karena terlalu sibuk saya belum sempat menggantinya. Hingga pada hari libur saya pergunakan waktu untuk menggantinya di bengkel langganan Vespa di daerah Pare namanya bengkel mas Tri, tepatnya jalan Lawu Pare. Pukul 08:00 berangkat, perjalanan dari rumah menuju Pare sekitar 12km saya kendarai cuma sampai gigi 3 karena memang kesulitan tanpa kopling, setiap perpindahan gigi selalu kasar dan tidak bisa dipakai untuk mengurangi persneleng, 😦 jadi harus ekstra hati-hati dan waspada.

Alhamdulillah akhirnya sampai juga di bengkel langganan. Langsung saya sampaikan keluhan yaitu kabel kopling putus. Karena masih pagi sekitar jam 08:30 dan saya adalah pasien pertama maka bisa langsung ditangani πŸ˜€

langsung bongkar πŸ˜€

Karena harus dianalisa maka harus bongkar box kanan dan kiri,ban serep pun harus dilepas. Setelah dibongkar dan dipasang kabel koplingnya, dicoba dulu dijalanan dan berjalan lancar, namun saat saya mencoba ternyata tuas kopling berat, disetel sedemikian rupa juga tetap berat bahkan ketika dimasukkan gigi 1 jalan sendiri, dibongkar lagi ternyata memang kampas koplingnya habis, alamat harus mengeluarkan dana Insidental untuk penggantian kampas kopling nih 😦    *tepuk jidat

Akhirnya diadakan operasi mendadak, pertama-tama box kanan kiri dilepas (lagi), bensin dalam tangki dikeluarkan semua hingga kosong karena si Semok harus digulingkan. Setelah terkuras habis dan bensin di karbu dihabiskan juga, maka siap digulingkan. Cara ini mutlak dilakukan karena memang beginilah cara membongkar mesin si Semok yang “menyeret” mesin berkubikasi 150cc atau pun saat “ngeban” tentunya bagian grip gas diganjal batu dan satu lagi bawahnya kipas pendingin yg berada di dekat mesin juga diganjal.

si Semok digulingkan

operasi tanpa bius

Setelah kampas kopling yang aus bisa dikeluarkan dari tubuh si Semok terjadi perbincangan bahwa kampas memang harus benar-benar diganti karena memang sudah habis, seingat saya itu terakhir ganti 5 tahun lalu. Sekalian saya konsultasi masalah harga, mas Tri menawarkan harga yg variasi, yg berkualitas cukup ada beberapa harga mulai 28rb,30rb, atau 40rb. Sedangkan yg kualitas mendekati original (karena yg Asli Piaggio tidak ada) seharga 65rb. Karena kopling merupakan komponen penting yang bisa dikatakan fast moving maka saya putuskan untuk ambil yang harga mendekati original dengan pertimbangan lebih presisi dan dari segi kualitas umur juga lebih panjang. Perlu diingat juga nih sis/bro, untuk Part Vespa (varian apapun dan tahun berapapun) tidak akan sampai kerepotan untuk mencarinya karena kendaraan semok ini merupakan kendaraan antik dan populer, bahkan bisa dikatakan kendaraan “pekajaman”, jadi meskipun sudah berumur tua pun kalau mengenai komponen maupun part tidak akan kesulitan dalam mencarinya karena sudah banyak pabrik-pabrik/home industri yang membuatnya dan kualitasnya pun beragam.

KW 1 mendekati Original

yang kanan sudah tipis,waktunya ganti

Setelah itu,tanpa banyak Ba-Bi-Bu lagi langsung dipasang dan dicoba, benar juga, tarikan tuas lebih fleksibel dan enteng, sekalian disetel agak nyetut supaya makin galak tarikannya, karena dibongkar sekalian saya servis berkala dan bongkar rem depan belakang. Namun setelah selsesai saya tidak memakai untuk menguji top Speed ketika sudah diservis berkala karena saya pikir itu hal yang sia-sia. Yang penting sudah kembali normal dan sesuai fungsinya, itu sudah cukup bagi saya πŸ˜€

Berikut biaya yang dapat saya rinci:

1. Kabel kopling 5rb (kualitas rata-rata)

2. Kampas kopling 65rb (kualitas mendekati Original)

3. Ongkos bongkar bak kopling dan Servis berkala berikut bongkar rem depan belakang 50rb

Jadi total biaya 120rb..sesuai dengan pengerjaan dan kepuasaan yang saya dapat πŸ˜€ dan si Semok pun sekarang dalam keadaan Prima πŸ˜€

Merawat motor jadul memang harus lebih intens namun ketika kita bisa merawatnya dengan baik dan menjaganya tetap dalam kondisi prima maka akan timbul kebanggaan tersendiri, dan itulah seninya. Tapi kalau memiliki motor tahun terbaru dengan kedaaan waras, ya pastilah waras wong motor baru jadi tidak ada seninya πŸ˜€

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Roda 2 dan tag , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Ganti Kampas Kopling si Semok

  1. Aa Ikhwan berkata:

    ajiib,..sampe digulingin gitu πŸ˜€

  2. z1rider berkata:

    Sekalian bersih – bersih bagian bawah, ajib dah πŸ˜€

  3. Kelana 97 berkata:

    Hal unik di Vespa ya gitu,kadang untuk servis sampai di roboh robohkan. Ngeliatnya jadi kayak gimana gitu.

  4. dian rat scooter berkata:

    wahhh bonkar sendiri ae dri pada ngeplak jidat…hahah

  5. tyonugros31@ymail.com berkata:

    io bongkar dewe ae….mosok scuteriss gk iso bongkar….ha haaaaa

  6. Hari Kurniawan berkata:

    nice inpoh gan,,,,

  7. sulis d h berkata:

    setuju , motor baru wis jelas ra ono senine…… mantab mas bro….

  8. Tri berkata:

    Mau tanya nih mas brow, gimana KL kampas koplingnya dirangkap…Mohan pencerahannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s