Jalan Kaki= Refreshing

Setelah sekian waktu tidak ada kesempatan untuk berolahraga,karena kesibukan saya untuk bekerja seharian,akhirnya pagi ini saya bisa melakukannya aktifitas ini lagi. Dulu semasa kuliah di malang hampir tiap pagi seusai sholat subuh selalu menyempatkan waktu tuk berolahraga di Lapangan UB (Universitas Brawijaya). Selain lari terkadang juga hanya jalan kaki mengelilingi kampus :-D. eits,jangan salah,jalan kaki juga merupakan olahraga loh, yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh kita terlebih bagi orang-orang yang  kurang gerak dikarenakan terlalu disibukkan dengan bekerja.

Trotoar kampus UB 😀

Berjalan kaki secara rutin, banyak manfaatnya bagi kesehatan. Sering diantara kita enggan untuk bangun pagi dan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari. Manfaat bagi kesehatan lebih terasa jika jalan kaki  tanpa alas kita bisa secara langsung merasakan alam. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas jalan kaki.

Cegah Serangan Jantung.
Berjalan kaki dapat menekan risiko serangan jantung. Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup. Bukan hanya itu, Kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu. Hasil akhirnya, tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, pelengketan antarsel darah yang bisa berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh juga akan berkurang.

Mencegah Stroke.
Kendati manfaat berjalan kaki terhadap stroke pengaruhnya belum senyata terhadap serangan jantung koroner, beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang.
Berat badan stabil.
Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

Menurunkan berat badan.
Selain berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki itu secara rutin. Kelebihan gajih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki.

Mencegah Diabetes.
Membiasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk. bahkan pakde saya yg terkena diabet pun disiplin melakukan kegiatan ini setelah makan.

Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan, obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa berjalan kaki sama manfaatnya dengan obat antidiabetes.

Mencegah osteoporosis.
seperti pada iklan susu Anlene,Gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.

Mengobati Depresi.
Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki tanpa alas cepat juga membantu menghilangkan depresi,mungkin dengan alasan karena kita bisa menikmati secara langsung keadaan disekitar apalagi ketika kita jalan kaki rame-rame pasti merasa senang karena itu yg saya rasakan ketika saya sedang jenuh 😀

Jadi jangan ragu, tidak ada salahnya anda untuk memulai hidup sehat dengan berjalan kaki setiap harinya.

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s