Pohon Trembesi, Nasibmu Kini

Foto-0061Kediri – Setiap hari berangkat sekolah selalu melewati area persawahan dan pinggiran sungai, keberadaan pohon Trembesi yang tumbuh liar di area persawahan yang biasa saya lewati ini juga sering saya lihat, namun pagi ini berangkat sekolah saya melihat kondisi batang di potong semua, hanya menyisakan satu batang yang menjulang ke atas.

Sangat disayangkan, pohon ini biasanya dijadikan tempat berlindung para petani ketika sedang istirahat melepas lelah menggarap sawah, karena berada dibawahnya terasa sejuk dan rindang.

Menurut beberapa sumber pohon ini merupakan penghasil oksigen yang paling banyak dibanding pohon yang lain, daunnya yang lebat (meskipun kecil-kecil) mampu menetralisir CO2 terbanyak, bahkan satu pohon trembesi mampu menyerap CO2 sebanyak 28,5 ton per tahunnya (hasil penelitian Dr Endes N Dahlan).  Selain itu akarnya juga mampu menyerap air yang lebih banyak. Sayangnya keberadaan pohon ini tidak dijaga dengan baik.

Apalah daya, faktor ekonomi selalu menjadi alasan utama, di sebelah pohon Trembesi ada area pembuatan batu bata, batang pohon yang sudah terpotong nantinya akan dimanfaatkan sebagai kayu bakar untuk membakar batu bata. Setidaknya pohon ini tidak ditumbangkan yang nantinya bisa kembali bermanfaat bagi yang berada disekitarnya.

Foto-0062

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s