Ugal-Ugalan Menjelang Berbuka Puasa

diambil dari koleksi foto warung sejuta umat.com

diambil dari koleksi foto warung sejuta umat.com

Bulan puasa memasuki 10 hari terakhir, masyarakat Indonesia mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti mudik ke kampung halaman masing-masing dimana daerah mereka berasal. Selain itu di 10 hari terakhir perputaran uang di berbagai daerah juga mengalami peningkatan yang begitu pesat. Berbagai pusat perbelanjaan dipenuhi manusia untuk memenuhi kebutuhan disaat lebaran nanti tiba mulai dari pertokoan baju, pusat jajanan kering dan masih banyak lagi. Dengan adanya fe nomena tersebut tak dipungkiri jalanan semakin padat, banyak terjadi penumpukan kendaraan dimana-mana terlebih memasuki sore sampai malam hari setelah Tarawih.

Kemudian fenomena yang lain, pengalaman saya ketika riding pulang ke Sidoarjo setiap sore hari, di sepanjang jalan sampai di tempat tujuan jalanan selalu dipenuhi kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Terjadi Perubahan karakter lalu lintas di Bulan Ramadhan salah satunya adalah peningkatan volume dan kecepatan rata-rata kendaraan bermotor pada saat menjelang berbuka puasa. Tidak sedikit yang ugal-ugalan bahkan dengan sadisnya menyerempet pengendara lain yang kebetulan memacu kendaraannya dengan kecepatan pelan yaitu para pengendara yang sekedar jalan sore-sore sambil menunggu waktu Maghrib. Mungkin mereka yang memacu kendaraan dengan tergesa-gesa itu juga ingin segera bertemu dengan keluarga di rumah, dan berbuka puasa bersama orang-orang tercinta, namun sangat disayangkan apabila di jalan malah membuat resiko besar terutama mengganggu kenyamanan  pengendara lain, dan tanpa disadari juga membahayakan diri sendiri.

Alangkah baiknya apabila para pengendara supaya bisa menahan diri untuk tidak terburu-buru dalam berkendara, sabar sedikit lebih baik daripada terburu-buru cepat sampai namun mengesampingkan keselamatan diri dan orang lain.

 

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Ramadhan dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ugal-Ugalan Menjelang Berbuka Puasa

  1. potretbikers berkata:

    Mengerikan, buru-buru mau Buka….padahal harusnya lebih bersabar….

    http://potretbikers.wordpress.com/2013/07/30/harga-murah-kemampuan-wow/

  2. arip berkata:

    Kayanya dunia jalan raya mah ga dapat efek dari datangnya bulan Ramadhan emang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s