Perihal Sopan Santun

polite_preschoolers

Sopan santun dalam bertata krama sekarang sudah menjadi hal yang langka, tergerus dalam era moderenisasi ditambah faktor lingkungan tentunya. Memang kenyataan sekarang sudah jauh berbeda, faktor lingkungan menjadi penyebab tata krama dilupakan disisihkan dan hanya dilakukan oleh beberapa remaja saja. Di pedesaan tata krama ini masih dijunjung tinggi, karena budaya di daerah tersebut tata krama menjadi patokan dan memang disana menjadi santapan sehari-hari dalam berkomunikasi baik dengan sesama maupun dengan orang yang lebih tua. (pengamatan di daerah pedesaan Magetan)

Tata krama timbul dan berlaku di masyarakat atas dasar kesepakatan bersama melalui hukum tak tertulis guna memelihara hubungan baik antar sesama warga masyarakat. Tata krama pada hakekatnya merupakan penuntun hidup bermasyarakat demi terciptanya kehidupan yang rukun dan harmonis.

Jadi bagi para masyarakat yang tidak mempunyai kompetensi sosial saya kira akan kesulitan untuk bisa bergaul dan membangun komunikasi yang baik dengan sesamanya.

*hasil diskusi karo ebes

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Perihal Sopan Santun

  1. lugupol berkata:

    pendidikan sopan santun harus diajarkan dan dicontohkan pada generasi selanjutnya…karena sopan santun diberbagai keadaan,tempat,situasi sudah mulai luntur dan di tinggalkan.

  2. Kelana 97 berkata:

    Kalau menurut saya,tatakrama itu termasuk ajaran dari orang tua yang perlu dilestarikan. Implementasinya juga bisa luas. Di dunia bloggingpun masih diperlukan,tatakrama dalam mengemas tulisan ataupun berkomentar..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s