Wah, Ternyata Premium Yang Beredar Itu Premix?

SPBU

Saat ini Indonesia mengimpor  BBM 900 ribu barel atau 143 juta liter tiap hari, termasuk bensin subsidi premium. Namun ternyata, premium yang dijual di SPBU adalah bensin premix dengan bilangan oktan (RON) 90 bukan 88. Saya tidak begitu paham dengan klasifikasi angka yang ada di bahan bakar tersebut tapi pandangan awam saya oktan 90 itu pastinya memilliki kualtas yang lebih baik terlebih ke mesin kendaraan bermotor.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Sugiharto mengatakan saat ini tidak ada lagi negara yang menjual bensin premium Ron 88. Jadi yang diimpor adalah RON 90 atau premix. Karena lebih mudah mengimpor RON 90, maka Pertamina tetap menjualnya dengan harga premium Ron 88. Karena apabila bensin RON 90 harus diturunkan oktannya, memerlukan biaya tambahan lagi.

Pemerintah pernah menyatakan harga bensin premium saat ini adalah Rp 9.000/liter. Tapi ternyata bensin tersebut bukan premium, melainkan Premix 90.

Apapun yang terjadi regulasi pemerintah nanti baiknya kita tunggu, yang diharapkan adalah jangan sampai BBM menjadi langka bahkan ada yang hilang dari peredaran yang nantinya mengganggu aktifitas para pengguna BBM.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Wah, Ternyata Premium Yang Beredar Itu Premix?

  1. athleteriders berkata:

    tapi tarikane kok podo ae koyoknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s