Fakta Makelar Kendaraan

Apabila kita ingin membeli sebuah kendaraan bermotor entah itu roda dua atau roda empat kita pasti akan berhubungan dengan yang namanya Makelar. Seseorang yang mempunyai info mengenai beberapa mobil atau motor yang akan kita cari, entah karena dia memiliki kendaraan sendiri untuk diperjualbelikan atau pun hanya sekedar modal “abab” alias modal info bahwa di sutu tempat ada kendaraan yang dijual. Pernah ada teman yang ingin mencari mobil dan mengajak saya untuk membantu, berhubung saya tidak begitu tahu tentang perjualbelian kendaraan maka saya pun minta tolong dengan seorang makelar. Saya sempat muter-muter didaerah Kediri, kemudian Sidoarjo, Dan ketika saya berada di Malang pun juga sempat mencari info mengenai jual beli mobil bekas.

Dari beberapa pengalaman saya sejak dulu berurusan dengan makelar mobil entah itu pengalaman waktu cari mobil atau jual mobil. Ada cerita lucu dan sedikit menjengkelkan dari pernyataan makelar yang sering saya temui. Berikut beberapa fakta yang rata-rata selalu diucapkan oleh para makelar mobil,

Yang pertama, apabila ada pemilik mobil baru beli, dia selalu mengatakan bahwa mobil yang baru kita beli itu belinya kemahalan atau kalau tidak dia cerita kalau mempunyai dagangan mobil yang lebih bagus yang sejenis.

” wah belinya kemahalan itu mas, saya punya barang lebih bagus dari punya sampeyan harganya gak sampai segitu loh”

Saya tidak tahu maksudnya tapi yang jelas tidak ada manfaat apa-apa yang saya dapat dari mulut makelar itu, kecewa juga tidak wong sudah terlanjur terbeli, dan cukup puas dengan kondisi mobil yang baru terbeli.
Fakta yang kedua, apabila ada calon pembeli mobil jenis yang dia cari, sang makelar mengatakan kalau punya tapi baru saja laku.

” oh cari mobil yang itu ya, kemarin ada mas kondisi istimewa tapi sudah laku, nanti deh saya carikan lagi yaa”

Saya pun mengernyitkan dahi, apa yang saya dapat dari penyataan makelar tadi ya, dan maksudnya apa? apa biar saya cukup minta dia saja untuk mencarikan mobil? tapi yang jelas saya tidak terikat dengan makelar manapun, soalnya selain makelar nyari dagangan saya pun juga nyari.

Fakta yang ketiga, apabila ada seseorang yang mau menjual mobilnya maka sang makelar langsung menjatuhkan harga mobil tersebut dan menilai negatif tentang mobil kita.

“wah mobil ini kondisinya gak bagus mas, harganya juga pas-pasan, gak begitu pasaran, belum bannya juga tipis, bodinya juga dah cat ulang…”

lhaaa…kenapa malah menjelek-jelekkan mobil yang mau dijual? mau beli apa gak? kalau gak mau ya sudah kok malah menjelek-jelekkan.

Saran saya tidak usah terpengaruh dengan ucapan makelar yang ada unsur menjatuhkan mental kita, yang punya kendaraan kita dan apabila ingin beli ingatlah bahwa yang punya uang itu kita. Dan semua keputusan entah jadi beli mobil atau tidak itu kita sendiri yang menentukan bukan makelar.

ilustrasi

ilustrasi

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Fakta Makelar Kendaraan

  1. promoku3 berkata:

    mending tak dol dewe, lambene blantik lunyu kakean mangan gorengan 😛

  2. laycaolay berkata:

    Jual beli mobil jadi mudah dan cepat di MobilWOW

  3. Kelana 97 berkata:

    Di makelar motor bekas juga mirip mirip begitu,tapi opsi motornya lebih banyak pilihan.

  4. kristenmasukneraka berkata:

    Biasa itu seh makelar emang gitu bilang kalo mobil yg baru kita beli itu kemahalan misal kita beli mobil seken 50 juta trus si makelar akan bilang wah 50 jt itu kemahalan mas, yg kayak gitu paling sekitar 42,5 jt….tapi kalo kita minta ke si makelar tunjukan dimana ada mobil yg kondisinya sama persis dg punya kita yg harganya 42,5 juta, pasti si makelar jawabnya ini itu ini itu ini itu ini itu ini itu….yg ujung-ujungnya sebetulnya mobil yg dia maksud hanya fiktif belaka ….dan maksudnya jelas untuk menjatuhkan mental kita plus ada sedikit iri hati dan juga jengkel karena kita ga beli ke dia…begitu mas…

  5. John berkata:

    info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba 🙂 , Affleck

Tinggalkan Balasan

