Si Maxxi Ganti Karburator Ninja RR

Beberapa saat yang lalu saat servis si GL di Ahass motor sang mekanik menyampaikan bahwa karburator yang saya pakai pada motor saya ini Imitasi sehingga untuk menemukan setingan langsam itu kesulitan. Dalam keadaan stasioner RPM 1500 pun sulit bahkan sering mati. Iya memang saat ini kondisi karburator si GL sudah tidak ori lagi, untuk pengadaan yang baru pun juga harganya sangat mahal kisaran 2 juta sekian. Jadi selama ini saya biarkan memakai yang imitasi dulu yang harganya pernah saya tebus 220rb merk Seng Wey. Saya pikir cukup bagus untuk kualitas imitasi.

Karburator Seng Wey

Karburator Seng Wey, ambil foto dari Google

Sebenarnya saya punya karburator tiger kondisinya masih sangat bagus namun untuk dipasang di GL sepertinya cukup ribet, tidak PnP, karena dimensi karbu yang besar, maka saya urungkan. Kemudian sang Mekanik menawarkan saya karburator Ninja RR bekas, saya masih heran apa bisa dipasang di GL? sang mekanik mengiyakan dengan penuh keyakinan bahwa karbu ninja RR sangat bisa dipasang di GL karena dimensinya kurang lebih sama, tinggal menyesuaikan beberapa part supaya lebih irit.

karbu ninja RR

karbu ninja RR, ambil foto dari kaskus

Akhirnya saya mengiyakan karburator ninja RR dipasang di GL, ketika dipasang ada beberapa ubahan seperti manipol menggunakan manipol Suzuki Thunder karena lebih pendek, kemudian pilot jet dan main jet diganti Megapro ori. Saya kurang paham mengenai part ini tapi katanya begitu hehehe… kabel gas juga diganti menyesuaikan dengan karbu Ninja. Setelah itu tinggal mencari setingan yang pas.

Impresi setelah ganti karburator Ninja ini nafas jadi lebih panjang, stasioner, dan tarikannya lebih responsif. Namun kekurangannya soal konsumsi bensin. Awalnya untuk karbu imitasi si GL 1liter bisa menempuh jarak 42-46, setelah ganti dengan karbu ninja menjadi 37/liter dengan gaya riding biasa dan kecepatan tidak lebih dari 80kpj. Sebenarnya cukup puas dengan karburator ini namun yang disayangkan konsumsi bensinnya yang cukup boros. Akhirnya karbu Ninja ini saya tebus dengan harga 500rb termasuk penyesuaian part lainnya.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Roda 2 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Si Maxxi Ganti Karburator Ninja RR

  1. ardhee berkata:

    gan tuh bener bisa manipol thunder di pasang di GL ny?? trus pnyesuaian nya gmna gan??

  2. lugupol berkata:

    podo gl maxku body megison yo wis tak ganti karbu pe28,siiip kapan2 tak ikut mposting…

  3. Kelana 97 berkata:

    Gado gado 🙂

  4. arjo berkata:

    kabel gasnya pake punya aslinya max pa bisa masbro ?

  5. juno berkata:

    Sini bang karbunya saya tebus, aq tuker ama karbu megi ori boleh gk

  6. Fadi Alwi berkata:

    ADA FOTO PILOT JET DAN MAIN JETNYA MEGAPRO YANG NEMPEL DI KARBU RR GAK OM….TERIMA KASIH

Tinggalkan Balasan

