Masjid Jami’ Sidoarjo Nan Asri

pintu depan

pintu depan

Sehabis jalan-jalan di Kota sekaligus wisata kuliner di Delta Fishing, dan berhubung sudah menunjukkan sore hari saya dan keluarga memutuskan untuk malaksanakan sholat ashar dahulu. Akhirnya diputuskan mampir ke Masjid Jami Alun-alun kota Sidoarjo. Saya pun langsung mengarahkan kendaraan menuju Masjid dan memarkirkan kendaraan di depan seberang Masjid, itu berarti di parkiran alun-alun. Karena Masjid kota ini tidak memiliki halaman parkir, atau memang lahan parkirnya di tempatkan diseberang ya..

parkiran depan masjid

parkiran depan masjid

Tak seperti di beberapa wilayah Sidoarjo yang cenderung panas, suasana di sekitaran Masjid ini cenderung asri dan dingin, hal ini dikarenakan disekeliling masjid ditumbuhi pepohonan hiasan macam palm dan rumput gajah. Selain itu saat kita duduk santai di serambinya maka kita disuguhkan pemandangan sejuk ketika pandangan ditujukan ke alun-alun, banyak ditumbuhi pepohonan rindang dan bebas PKL (pedagang kaki lima), dan yang paling penting adalah tatanan ruang yang begitu indah, apalagi dengan suasana sore hari sehabis hujan seperti saat ini, hmm..benar-benar menyegarkan.. 🙂

Selanjutnya kami bergegas untuk sholat Ashar karena waktu sudah menunjukkan pukul 17:00. Ruang ibadahnya luas, bersih, dan mewah. Lampu penerangan menyala begitu indah karena tata ruangan yang bagus, beribadah pun pasti merasa tenang dan khusyuk, Oh iya masjid ini juga dilengkapi jadwal waktu sholat yang terpampang besar memudahkan seseorang untuk membacanya. Begitu juga dengan kondisi tempat wudlu atau kamar mandi, airnya melimpah dan dikonsep dekat dengan tempat peribadatan, hal ini memungkinkan kita tidak perlu repot untuk menuju ruangan utama sehabis wudlu.

peribadatan luas

peribadatan luas

Setelah beberapa saat istirahat sambil mengamati ruangan terbuka di Masjid, tidak terasa sudah masuk waktu sholat Maghrib, maka kami pun segera menuju ruang peribadatan.

Letak masjid Jami’ ini cukup strategis karena berada di sebelah baratnya alun-alun yang merupakan ruang publik kota, namun bagi pendatang agak kesulitan untuk menemukan keberadaanya karena jalan besar Surabaya-Malang berada di sisi timur alun-alun, namun bagi para pengunjung yang tahu maka sudah bisa dipastikan kalau ada alun-alun baratnya pasti ada Masjid Jami’. 😀

berlantai dua

berlantai dua

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Masjid Jami’ Sidoarjo Nan Asri

  1. kong berkata:

    ayas tau ban bocor nek kene ayas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s