Njajal Suzuki Swift

ambil di Google, warnanya seperti ini

ambil di Google, warnanya seperti ini

Ada kesempatan menjajal mencoba Suzuki Swift milik teman, tidak paham tahun berapa yang jelas masih kinclong namun kilometernya sudah 40rbn mungkin sekitar taun 2008 atau 2009 kurang paham. Yowes langsung saja putar kontak ke posisi stand by dan starter,,, loh kok tidak ada suara mesinnya cuma raungan starter trus ilang, waktu tak lirik panel RPMnya ternyata jarum menunjukkan RPM 1000 lebih, wah ternyata suaranya nyaris tak terdengar hihihihi hampir saja saya starter lagi. Kebetulan transmisinya menganut manual jadi saya kira tidak perlu susah mengontrol gigi percepatan karena sudah reflek, beda soal kalau menganut transmisi automatic, waaah saya baru paham teorinya saja. 😀

Ada kesempatan baik ini saya coba untuk dijalan mulus dan cenderung lengang, suara mesin memang halus namun ketika pedal gas diinjak dalam baru terasa raungan mesinnya di RPM tinggi, bengis, tarikannya responsif. saya kurang paham mengenai CC nya tapi mungkin tidak lebih dari 1500 cc karena termasuk tipe city car.

Saya coba dijalanan bergelombang dan berlubang yang tidak begitu dalam, getaran yang ditimbulkan akibat melibas jalan berlubang begitu hebat, tidak semulus sedan pada umumnya. Sistem kemudinya pun sudah menganut power steering yang memungkinkan pengemudi tidak cepat lelah apabila dalam perjalanan jauh, namun kalau menurut saya karena kabinnya sempit pastinya cepat lelah karena gerak penumpangnya terbatas. Beda dengan sedan yang berkarakter lebar seperti Honda Accoord atau Corolla Twincam 90n yang pernah saya kendarai.

Pendapat saya yang lain, sebagai Driver awam yang tidak paham soal rimba permobilan mengenai performa mesin responsif, halus, namun pada kecepatan tinggi diatas 80kpj tidak nyaman apalagi di jalan lebar, disalip bus atau truk pun juga terkesan goyang.

Saya kira itu saja lha wong njajalnya juga cuma sekitar 5km, mau coba drifting tapi opo yo iso ra eruh tehnike, biasanya mobil ini  dipakai drifting 🙂

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Roda 4 dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

