Yang Perlu Diperhatikan oleh Bikers Ketika Kehujanan

Sudah hampir merata musim Hujan di seluruh indonesia,

Sudah pasti Hujan bukan kendala bagi kita … libas terus….tapi jangan sampai di lupakan bro Trek basah lebih extreem dibanding kondisi jalanan kering..

Saat hujan, banyak faktor yang harus diperhatikan yang biasanya dilewatkan saat musim kemarau. Pandangan yang kurang jelas, suhu yang dingin, jalan licin serta kemungkinan mogok membuat berkendara motor saat hujan menjadi harus lebih waspada.

Simak tips buat bikers dimanapun berada,

Perhatikan kaca helm
Di musim panas terutama pada siang hari, kaca film helm yang gelap tentu lebih menguntungkan. Tapi jika musim hujan, gantilah kaca film dengan kaca helm yang bening. Sebaiknya gunakan helm model full face yang menutupi seluruh kepala.

Pengereman
Saat hujan turun, fungsi pengereman bisa menjadi sangat pakem sesaat yang kemudian menjadi kurang pakem. Selain disebabkan jalanan yang menjadi licin karena air, bisa juga karena kampas rem yang kotor akibat terkena air hujan + debu. Jika menggunakan rem depan secara mendadak, kemungkinan tergelincir lebih besar, Jika rem belakang, kemungkinannya selip (ngepot), ya intinya dilarang Rem Mendadak atur kecepatan.

Kondisi ban
Lihat kembangan ban apa sudah mulai tipis? Jika kembangan masih bagus, tak masalah. Namun jika kembangan sudah kurang bagus, ini akan menjadi licin saat melakukan pengereman. Sebaiknya ganti dengan ban baru dan berkualitas.
Periksa dulu rem depan dan belakang, setelah itu pastikan semuanya aman dan nyaman. Beri jarak antara kendaraan di depan kamu lebih jauh dari biasanya. Hal ini dimaksudkan agar pengereman bisa lebih smooth (kalau mendadak bisa tergelincir) dan bisa mengatasi kurang pakemnya rem akibat air hujan di aspal., satu lagi kondisi ban agak di kempesin.

Jalan berlubang dan becek
Waspadai setiap jalan yang berlubang. Sebaiknya pelan-pelan saja saat melewati jalan yang tak dikenal, jalan dengan kondisi jalan tanah biasa/berbatu. Jika kamu sudah hapal tentang kondisi jalan, mungkin akan lebih baik, tapi tetap harus lebih waspada terhadap genangan air.

Jas hujan model baju dan celana
Jangan pernah memakai jas hujan model lama alias model batman. Gunakan jas hujan model pakaian yang lebih aman dan nyaman. Lebih baik sedikit repot daripada nyawa jadi taruhan kan?

Jarak pandang
Jarak pandang saat hujan menjadi lebih pendek, apalagi saat hujan angin deras dan di malam hari. Karena itu beri jarak kapan akan melakukan pengereman, berbelok, dan jarak antar kendaraan. Sebaiknya jangan buru-buru menyalip saat hujan turun.

Berhenti jika terasa ngantuk
Cuaca yang dingin biasanya bikin ngantuk, apalagi jika perut kenyang. Berhentilah sejenak dan fokuskan kembali dirimu sebelum kembali mengemudi.

Sedia kantong plastik ukuran besar dan tebal
Saat hujan turun tiba-tiba, selamatkan handphone, dompet, laptop, tablet pc dan barang berharga lainnya dari kemungkinan terkena air. Sedia kantong plastik, dan masukkan barang-barang di dalamnya. Ini untuk mencegah jas hujan bocor dan merusak barang kesayangan kita.

Intinya sederhana, berikan jarak antara kendaraan di depan kamu, stay fokus, jangan mengerem mendadak, jangan menikung terlalu tajam dan periksa kondisi kendaraan.

Selalu Safety ya πŸ˜€

 

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Yang Perlu Diperhatikan oleh Bikers Ketika Kehujanan

  1. kenthoet berkata:

    klo menurutku n berdasrkan pengalamanku az klo hujan lebih enak pake helm half face / openface dripada pake helm fullface, soale klo pke helm fullfce air mlah bnyk yg nerobos/merembes dri bgian atas helm (celah antara visor n batok helm) sedngkn klo helm half face kan ada “cocor”nya sehingga air tidk bisa merembes πŸ˜€ IMHO

    • omanfaqod berkata:

      begitu yaa..?padahal helmku BMC fullface yg biasa saya pakai celah visornya gak merembes, kecuali yg bagian gabus pipi ketika hujan deras sudah bisa dipastikan basah kuyup πŸ˜€ ..mungkin tiap produk beda beda, atau memang saya yg belum tau πŸ˜€

  2. lexyon berkata:

    Setuju mas.., musim hujan kita memang lbh baik siap menghadapi hujan yg bisa datang kapan aja.

  3. Kelana 97 berkata:

    Kondisi hujan,sebaiknya tidak memaksakan diri riding. Eman sama badan…resiko masuk angin πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s