Berikhtiar dan Berkeinginan Selamat di Jalan

lagi-lagi menulis tetang  safety riding seperti tidak akan ada habisnya karena memang budaya ini di negara kita masih kurang.

Kenapa sampai terjadi banyak kasus kecelakaan lalu-lintas di Indonesia?tidak lain adalah karena kesadaraan berkendaraan bagi sebagian masyarakat kita yang sangat kecil malah bisa dikatakan cenderung kurang. Kanapa bisa begitu? ini yang menjadi PR bagi aparat-aparat yang berwenang. Dari kasus-kasus itu ternyata yang menjadi penyebab utama sejumlah kecelakaan itu adalah faktor pengemudi (manusia).

Ada 4 faktor penyebab kecelakaan, 3 diantaranya diluar kehendak manusia. Penyebab itu adalah : 1. Pengemudi (manusia),2. Kendaraan3. Jalan dan terakhir 4. Cuaca. Kita kesulitan jika merubah 3 penyebab diluar manusia, lebih baik kita merubah kebiasaan kita dalam berkendara. Dan itu dikenal dengan sebutan safety Riding. Apa itu safety riding? Safetyr riding adalah perilaku pengendaraan sepeda motor yang ideal dan aman bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Jadi dengan menerapkan safety riding setidaknya kita bisa berbuat amal dengan tidak mencelakai orang lain.

Safety riding sendiri mencakup beberapa persiapan dan kesiapan yang harus dilakukan sebelum dan selama mengendaraai kendaraan. Persiapan itu meliputi pemanasan tubuh sebelum berkendara, kesiapan kendaraan, serta posisi berkendara yang ideal. Meskipun tidak harus melakukan senam kesegaran jasmani sebelum berkendara hehehe, pemanasan diri perlu dilakukan. Minimal melakukan beberapa perenggangan otot, apalagi berkendara itu dilakukan pada pagi hari. Biar kita enjoy dalam melakukan manuver menaklukan medan jalanan.

Kesiapan kendaraan ini penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Mengecek fungsi lampu depan dan belakang (rem), lampu sign (reting) kanan-kiri, klakson (horn/bel), kaca spion kanan-kiri serta rem depan dan belakang wajib dilakukan. Dan yang lebih penting lagi jangan lupa mengecek isi tangki motor. Karena gak asyik kan kalau pas di tengah jalan kita kehabisan bensin dan terpaksa diisi bensin campur. Maksudnya bensin campur dorong :lol:

safety gear

Safety gear untuk safety riding

Dan ada lagi persiapan Safety riding yang termasuk safety gear. Safety gear sendiri berguna melindungi pengendara dari cedera seandainya terjadi kecelakaan. Yang meliputi safety gear itu adalah sarung tangan, jaket, sapatu serta helm (ada yg memberi tambahan knee protector dll). Nah masalah safety gear ini kadang diabaikan oleh bikers, mereka memakai yang abal-abal. Kalaupun memakai yang sesuai standard kadang tidak dipakai dengan benar seperti memakai helm yang tidak di klik, tidak memakai jaket dan sepatu padahal melakukan perjalanan jauh.

Jadi sekarang apa untungnya bila kita melaksanakan safety riding? yang jelas secara finansial kita tidak ada untungnya namun secara nyawaniah kita bisa terselamatkan, meminimalisir bilamana kita terlibat dengan insiden kecelakaan di jalan. Jangan kita sayang dengan uang untuk membeli helm yang sesuai dengan standard SNI namun saat mengalami kecelakaan helm itu remuk redam tak beraturan.
Terus, kepalanya kemana. :?: :???: :lol:

Terkadang ngeri juga melihat pengendara yg kurang begitu memperhatikan perlengkapannya dalam berkendara, atau perilaku berkendara yg kurang memperhatikan keselamatan diri, namun khusnudzon saja, karena kemampuan seseorang tuk melengkapi alat pengaman itu berbeda-beda.

 

Semoga Bermanfaat..

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi, Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Berikhtiar dan Berkeinginan Selamat di Jalan

  1. Kelana 97 berkata:

    Kayaknya edukasi & sosialisasi ke masyarakat soal safety riding masih sangat kurang, Kadang ada tapi cuma temporer saja,akibatnya ya tingkat kesadaran soal safety riding sangat kurang. IMHO.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s