Yuk…Sedekah

Saat kita melakukan sedekah secara ekstrim (tanpa berpikir banyak berapa jumlahnya) maka balasan yang akan kita terima pasti secara ekstrim juga. Bahkan terkadang balasan itu tidak masuk akal datangnya.

Sedekah Ekstrim adalah sedekah DENGAN HARTA TERBAIK dan dengan keyakinan yang tinggi akan janji yang langsung diberikan Allah dalam Alqur’an. Pelaku sedekah ekstrim sangat yakin berapa pun harta yang dikeluarkan pasti akan dibalas langsung oleh Allah, sesuai dengan janji Allah di Al-qur’an yaitu sampai ratusan kali lipat.

QS Al Baqarah Ayat 267

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Ayat inilah yang ada hubungannya dengan sedekah Ekstrim. Kita disuruh menyedekahkan harta kita yang terbaik. Kemudian kita juga dilarang memberikan sedekah kita dengan harta yang kita anggap remeh atau kita sendiri tidak membutuhkannya.

Allah adalah Maha Menepati Janji, dan apa yang tertulis di Al-qur’an adalah apa yang langsung diserukan Allah kepada umatnya. dan sebuah kerugian besar jika kita tidak yakin akan perkataan langsung (firman) Allah tersebut.

dan mengenai harta yg berlipat ganda Allah memberikan perumpamaan seperti benih yg menumbuhkan bulir dan setiap bulir berisi ratusan bijii

QS Al-Baqarah:261

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Nah,sudah cukup jelas bahwa dalam ayat ini Allah (secara jelas) menyebut perhitungan matematis saat kita mengeluarkan hartanya untuk sedekah. Jika menurut perhitungan matematis itu berarti sedekah kita akan dibalas hingga ratusan kali lipat! Di akhir ayat Allah menekankan akan membalas sedekah itu bagi siapa yang Dia kehendaki, jadi tentunya ada yang tidak mendapatkan balasan  Maka dari itu kita perlu sedekah dengan ikhlas dan yakin akan janji Allah. Jangan setengah-setangah dan jangan sampai timbul penyakit hati (riya’)

 

Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin…..

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s