Aplikasi Footstep CS1 pada GL-Max

Mumpung liburan dan memang sudah lama saya berencana untuk mengganti footstep GL-max dengan CS1 yang mengaplikasikan posisi menggantung di body, karena footstep yg asli GL-Max posisinya nempel di arm, ini yang membuat tidak nyaman bagi boncenger karena setiap getaran yg ditimbulkan arm, kaki boncenger pun terkena vibrasinya. Apalagi ketika melewati jalan berlubang, dipastikan kaki boncenger bisa terpental dengan sendirinya karena goncangan hebat yg diterima arm dan footstep. Dan ini memungkinkan boncenger merasakan ketidaknyamanan.

Footstep CS1

Beberapa bulan yg lalu saya menebus footstep CS1 di Ahass terdekat untuk menggantikan footstep original pada GL-Max yg saya kira kurang nyaman bagi boncenger, footstep itu saya dapatkan dengan harga tuk yang kanan Rp. 84.000, yang kiri 78,500 jadi total 162.500

nota harga pengadaan part Footstep CS1

Pagi hari segera saya berangkat jam 08:00Β ke bengkel las kepercayaan saya di pare, Β dengan harapan mendapat podium satu nomor antri pertama πŸ˜€

baru buka lapak πŸ˜€

Setelah bertemu dengan tukangnya saya menyampaikan keinginan tuk memasang Footstep yg baru dengan posisi menggantung,

sisi kanan

 

sisi kiri

Langkah pertama yg harus dilakukan melepas footstep lama sekalian pengeprasan pada pangkon, langkah ini dilakukan demi mempertahankan posisi footstep yg akan dipasang nanti dengan agak ke bawah, minimal sejajar dengan dudukan yg lama yg telah dikepras tadi. Setahu saya pengaplikasian footstep gantung pada motor GL-Max yg sering saya jumpai posisinya selalu di atas footstep yg asli jadi kaki boncenger agak nangkring. Untuk menghindari itu maka footstep yg akan saya pasang nanti posisinya agak kebawah dan mendekati posisi asli.

pangkas habis

Dan hasilnya,

sisi kanan

sisi kiri

Dari keadaan yg ada sebenarnya sangat disayangkan mengingat saya lebih suka motor dalam keadaan standar, namun karena menginginkan posisi boncenger yg nyaman untuk riding maka dengan terpaksa saya melakukan modifikasi footstep ini. Kembali lagi, untuk menyesuaikan posisi footstep berada pada persis diatas arm maka dibutuhkan tambahan plat untuk menggantungnya. Dengan ketebalan plat yg cukup kuat, proses pengelasan pun dimulai. Ditempelkan sesuai dengan rencana diawal yaitu digantungkan pada rangka. Setelah itu plat besi tambahan tadi di cat untuk menghindari karatan.

finishing

sisi kiri diolesi dempul dewe biar keliatan alus πŸ˜€

Ohya, sisi kiri dibuat agak keluar karena apabila disamakan dengan yg sisi kanan, maka footstep akan menabrak arm, jadi memang agak tidak simetris, ini terjadi memang arm sebelah kiri agak lebar, dipakai ruang untuk tempat gear set.

Alhamdulillah footstep terpasang dengan baik, dicoba boncengan pun aman dan nyaman nyaris tanpa getaran, dipakai berdiri pun tidak bengkok atau melengkung,jadi bisa dikatakan kuat (semoga saja) tinggal ngecat sendiri dan sedikit dempulan agar lebih rapi pengerjaanya. Biaya pemasangan total 50.000 mengenai cat dan dempul dikerjakan sendiri πŸ˜€

 

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Roda 2 dan tag , , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Aplikasi Footstep CS1 pada GL-Max

  1. ridervega berkata:

    Foot step ori Cess mahal juga ya om…

    • oman faqod berkata:

      Ada yg lebih murah,punya satria FU 50rb..tp menurut saya tampilan dari CS1 lebih kokoh dan bahan lebih tebal..jadi sebanding dengan harganya πŸ˜€

  2. Kelana 97 berkata:

    Boleh juga neh πŸ™‚

  3. janut berkata:

    sesama pemilik Max jadi terinpirasi juga… makasih om oman πŸ˜€

  4. bayu berkata:

    saya juga pemakai max jd terinspirasi

  5. arjunatelor berkata:

    boleh jg gan…ane ngikut boleh ya gan?

    • omanfaqod berkata:

      tapi konsekuensinya kerja skok jadi berat mas soalnya menopang berat badan kita keseluruhan, sedangkan konstruksi rangka tidak dipakai untuk footstep gantung namun footstep di arm..jadi nanti pasti skok ambles ketika dipakai boncengan… monggo asal boncengannya gak berat-berat amat πŸ˜€

  6. wah mantep nih… pake punya FU ah… kemaren bingung2 nyari step boncenger buat si tua yang mw di kasih step underbone.

    thx om info nya…

  7. Ardy JhaGurs Tea berkata:

    Underbone gl beli d mana ya gan ???

  8. wahyu berkata:

    mas…. beline d ahas mana???? saya kok d kasih haraga ecer jd 500 an… mas tulung infonya….

  9. nanangmaulana berkata:

    widiih manteb, tapi aku mau coba pake fostep scorpio yg lebih gagah dan tebal, salam wong kediri om.

Tinggalkan Balasan

