Membaca

Sebagai manusia produktif kita tidak akan lepas dari kegiatan membaca. dari membaca itulah kita bisa mengembangkan pengetahuan kita ataupun disiplin ilmu yg baru kita terima. Bagi bro/sis yang gemar membaca atau pun hanya sekedar membaca, pastinya tahu bahwa membaca itu banyak manfaatnya. Yang paling utama kenapa kita diharuskan membaca, Dikatakan dalam Al-Qur’an surat Al-Muzzamil ayat 20, lafalnya “…Faqro-u ma tayassaro minal-qur’an…” yang artinya “Maka bacalah apa yang mudah (bagi kalian) dari Al-Qur’an…”.

Membaca merupakan suatu hal amat menyenangkan bagi bro/sis yang menyukainya. tapi juga bisa menjadi hal yang membosankan bagi bro/sis yang tidak menyukainya. kita terkadang lebih menyukai membaca buku-buku seperti novel yang isinya bisa membawa kita kedalam cerita. Selain itu komik yang isinya banyak gambar yang menarik didalamnya. tapi, apapun jenis buku yang dibaca tidak masalah. apakah itu majalah, novel, koran dan yang terpenting buku mengenai ilmu pengetahuan.

Membaca buku, koran, majalah dan jenis buku lainnya dapat melatih syaraf otak bro/sis semua. Otak kita diajak untuk membaca kata demi kata pada teks tersebut. Sebab, kalo kita kehilangan beberapa kata saja, kita tidak dapat mencerna maksud keseluruhan dari kalimat tersebut. Ada penelitian yang membuktikan kalau membaca dapat mencegah kita dari penyakit pikun. maka sesempat mungkin kita melakukan kegiatan membaca entah itu berasal dari bungkus kacang ataupun bungkus nasi pecel 😀 apapun isi dari bacaan maka itu berarti kita mendapatkan pengetahuan baru.

habis dimakan bungkusnya dibaca yaakk… 😀

Manfaat membaca diantaranya sebagai berikut :

Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan Ketika sibuk membaca,

Seseorang terhalang masuk kebodohan,

Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan orang-orang malas dan tidak mau bekerja,

Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berfikir,

Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata,

Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman,

Dengan membaca orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain, kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana,

Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup,

Membaca membantu seorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktu agar tidak sia-sia,

Dengan sering membaca bro/sis bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dari model kalimat, lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang ditulis, diantara baris demi baris (memahami apa yang tersirat).

Dari uraian diatas mengenai membaca, maka dapat disimpulkan bahwa di zaman modern sekarang ini, hampir tak seorangpun yang meragukan kemampuan membaca dalam meraih manfaat dan kemajuan dalam kehidupan seseorang sekelompok masyarakat atau suatu bangsa. Demikian ini menekankan pentingnya membaca sebagai salah satu persyaratan mencerdaskan kehidupan bangsa dan melancarkan ide-ide pembangunan lebih luas. Dasar pemikirannya, kemampuan membaca merupakan syarat minimal bagi suatu warga bangsa untuk bisa menerima ilmu dan pesan-pesan pembangunan melalui media komunikasi tercetak maupun media elektronik yang perkembangannya semakin hari kian pesat.

Oleh karen itu bro/sis,Mari kita budayakan membaca 😀

pada rajin yaakk.. 😀

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Membaca

  1. neni berkata:

    ak ya suka baca lho man…tp baca novel….

  2. oman faqod berkata:

    setiap ad siswa konsul referensi solusi selalu dari novel hihihihi 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s