Kursus Kilat Teori Mengendarai Mobil Matic

tuas-matik

Beberapa hari yang lalu saya mampir di Beres Daihatsu sekedar Tune Up si Marmut (Daihatsu Espaas) di daerah Kediri. Begitu saya masuk di pintu gerbang sudah disambut senyum ramah sang Satpam demi menanyakan keperluan saya dan mencatat kilometer yang tertera di Spido, Setelah selesai ngisi “daftar tamu” saya langsung disuruh masuk dan memarkirkan si Marmut, kemudian diajak masuk kantor untuk daftar dan menemui kepala Bengkel. Ruangannya ber-AC dan bersih tentunya, para karyawannya berpakaian rapi dan bersih layaknya pegawai kantoran, beda dengan bengkel perorangan atau bengkel umum, sudah pasti kostumnya bersimbah olie :-D

Setelah selesai berurusan dengan Kepala Bengkel saya disuruh nunggu di ruang tunggu yang berada di lantai atas. Ruangannya pun ber AC, ada smoking area. Dan yang paling saya suka adalah bisa ngupi atau ngeteh nyeduh sendiri dengan bebas biaya alias gratis bin cuma-cuma. :-D

Sebenarnya tidak ada keluhan yang berarti namun karena sudah lama tidak servis saya pikir ini sudah waktunya, daripada kenapa-kenapa dijalan apalagi saat bersama dengan keluarga, lak yo ngesakne :)

Selain melayani bengkel juga ada penjualan poduk-produk baru dari Daihatsu, kebetulan yang di Display itu ada Daihatsu Sirion versi Manual dan Terios versi otomatis. berhubung saya penasaran dengan mobil Matic karena tidak bisa mengendarai mobil matic hehehe saya pun melihat-lihat lebih lama produk ini (Terios) ternyata meskipun matic masih ada beberapa gigi, beda dengan motor matic tanpa gigi gas tinggal betot ngacir sesuai bukaan gas.

Karena ada salesnya maka saya konsultasi sebentar terkait dengan Sistem Transmisi Automatic pada mobil tersebut.

Menurut keterangan dia, mobil matik Terios ini terdapat beberapa tanda, angka dan abjad seperti ini P,N,D,3,2,1 atau P,N,D, 2,Low dan lain-lain yang memiliki penjelasan sebagai berikut:

1. Huruf P (Parkir)

Digunakan pada saat parkir, yang berarti gigi transmisi terkunci dan kendaraan tidak bisa dipindahkan. namun baiknya digunakan pada saat kita benar-benar diam pada waktu yang agak lama, bukan pada saat diam di lampu merah.

2. Huruf N (Netral)

Merupakan posisi netral dimana tidak dalam posisi gigi manapun. Ini berguna pada saat kita diam pada waktu yang tidak terlalu lama seperti pada lampu merah.

3. Huruf D (Drive)

Merupakan posisi gigi transmisi yang berarti mobil siap dijalankan atau digerakkan. Jadi hanya pada posisi ini saja mobil berjalan sesuai dengan kecepatan mobil dan kondisi jalan.  Jadi kita hanya menginjak gas, sedangkan yang lainnya biar transmisi yang menjalankan. Gigi akan otomatis naik dan turun sesuai dengan kondisi jalan, perpindahannya akan terjadi secara otomatis. Biasanya gigi akan berpindah pada saat putaran mesin mencapai 2 ribu rpm. Yang perlu diperhatikan pada posisi ini adalah pada saat mobil melewati turunan, bila dibiarkan maka gigi akan berpindah terus ke gigi yang lebih tinggi sesuai dengan kecepatan mobil lha wong memang turunan otomatis kecepatan akan bertambah. Kemudian kebalikannya adalah pada kondisi jalan menanjak maka disarankan untuk segera memindahkan gigi ke gigi yang lebih rendah sehingga putaran mesin akan meninggi dan tenaga mesin akan lebih keluar. Biasanya juga pada posisi ini ada fitur kick-down, yaitu fitur dimana bila kita menginjak gas secara mendadak maka putaran mesin akan meninggi dan tenaga mesin akan lebih keluar dan mobil akan segera berakselerasi secara cepat. Fitur ini diperlukan bila kita akan menyalip mobil didepan, sehingga tidak perlu pindah posisi cukup menekan gas secara mendadak maka mobil akan spontan berakselerasi. Ini yang baru saya pahami mengenai sistem kick down. :-D

4. Angka 3 (gigi 3)

Pada posisi ini transmisi akan  terkunci maksimal gigi 3, dimana putaran mesin dan kecepatan dibatasi sesuai dengan gigi 3.

5. Angka 2 (gigi 2)

Pada posisi ini transmisi dikunci maksimal pada gigi 2, hal ini ditandai dengan putaran mesin yang tinggi . biasanya dipakai pada saat mobil menanjak atau menyalip kendaraan di depan yang notabene memerlukan tenaga yang lebih dan putaran mesin yang lebih tinggi. Maksud dari maksimal gigi 2 adalah transmisi tetap bisa otomatis naik dan turun tetapi hanya maksimal pada gigi 2. Misalnya bila melambat maka transmisi otomatis akan turun ke gigi 1, dan bila menamban kecepatan maka akan naik ke gigi 2, tetapi hanya mentok pada gigi 2 saja.

6. Huruf L (low)

Dalam hal ini berarti posisi gigi lebih rendah dari sebelumnya dalam hal ini berarti posisi gigi 1. Posisi ini berguna bila menghadapi jalan yang menanjak dan gigi 2 dianggap tidak mampu untuk menaklukannya. Sehingga diperlukan gigi yang lebih rendah yaitu L atau gigi 1. Biasanya gigi 1 ini putaran mesinnya langsung meninggi dan tenaga mesin lebih keluar sehingga bisa untuk menaklukan tanjakan tersebut. Dan Gigi ini juga bisa dipakai ketika kita sedang berada di jalan yang menurun, dengan gigi ini maka kita akan mendapatkan Engine Break yang kuat terutama di turunan yang curam.

7. Huruf R

Saya kira cukup jelas, gigi ini juga ada pada mobil bertransmisi manual yang berfungsi untuk jalan mundur.

Secara teori saya sedikit paham dengan masing-masing fungsi gigi pada mobil matic, namun mengenai prakteknya saya belum bisa jamin langsung bisa karena untuk mengendarai mobil matic haruslah dengan intensitas yang tinggi untuk mendapatkan refleknya, mengingat sistem ini berbeda dengan sistem transmisi manual pada umumnya. :-)

About these ads
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Roda 4 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kursus Kilat Teori Mengendarai Mobil Matic

  1. ekomoker berkata:

    kalo jalan turunan pake gigi yg mana masbro?
    secara jalan menurun kalo pake mobil manual kan remnya bisa di tambahi pake engine brake ,lha kalo matik?

  2. oman faqod berkata:

    pake gigi ‘L’ sudah cukup mampu membantu mas

  3. TiCtAc berkata:

    nyimak ndan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s